Alhamdulillah, Video YouTube bebas dari klaim hak cipta(copyright) pihak ketiga

Video YouTube kena Klaim hak cipta(Copyright) ?

Awalnya aku sendiri kaget ketika membuka email tiba-tiba ada pemberitahuan dari tim youtube bahwa ada yang mengklaim hak cipta atas materi atau konten dalam videoku "Cara ganti kepala upin dan ipin". Perasaan tidak terima atas copyright, khawatir, binggung campur aduk jadi satu.

Aku seneng banget karena video yang aku buat sendiri itu telah memiliki lumayan banyak views. Nah, tiba-tiba ada pihak yang mengklaim. Huh rasanya sungguh tak adil bagiku.

Sebelumnya video youtube di channelku yang sebelumnya juga pernah kena klaim hak cipta(Copyright), Saat itu mugkin karena terobsesi ingin mendapatkan uang dari youtube hingga akhirnya aku beranikan diri untuk mengajukan banding padahal memang jelas-jelas video youtube di channel sebelumnya itu melanggar pedoman komunitas. dan akhirnya akun youtube itu, kini telah dinonaktifkan :(

Cara mengatasi klaim hak cipta(copyright) video youtube

Berbekal pengalamanku yang lalu itu, kemarin ketika video youtube-ku kena klaim hak cipta(copyright) aku tak ingin mengajukan banding lagi, takut pengalaman buruk itu terulang kembali. Nah, mulai dari situ aku coba terus membaca panduan-panduan tentang copyright youtube hingga akhirnya aku mencoba pada satu langkah yang memang harus dicoba.

Karena aku berhak atas video ini, aku yang membuatnya sendiri susah payah. Aku berkeyakinan video ini pasti bisa lepas dari klaim hak cipta(copyright). Memang dalam video tutorial yang aku buat itu berisi foto upin ipin namun menurutku penggunaan foto itu dalam video tutorialku masih dalam penggunaan yang wajar sebab aku membuat sebuah karya baru(remix) bukan reupload.


Cara agar video youtube bebas dari klaim hak cipta(copyright) !

Panduan copyright video youtube memberikan beberapa pilihan untuk mengatasi klaim hak cipta(copyright), diantaranya:
  1. Cuek'in aja: Jika memang itu benar bukan asli videomu lebih baik ngk usah ngotot buat ajukan banding. Takutnya ntar malah akun youtube kalian akan di suspen(banned) lalu dinonaktifkan. Biarkan supaya pendapatan iklan dari video yang kena klaim hak cipta(copyright) tersebut mengalir pada kantong pemilik video tersebut.
  2. Hubungi pihak yang mengklaim: Nah, ini cara yang baru saja aku ambil untuk mencabut/melepaskan klaim hak cipta(copyright) yang diberikan oleh Les Copaque Production atas videoku "cara ganti kepal upin ipin". Aku coba menghubunginya lewat email. Intinya aku ingin agar klaim hak cipta itu dicabut.
  3. Ajukan Banding: Cara ini pernah berulang kali aku coba tapi tetap saja gagal. Entah kata-kata dalam pengajuan bandingnya kurang oke atau enatahlah. Sampai saat ini aku belum mengetahuinya dan tak ingin mencoba cara ini lagi.
Nah, oke guys itu saja postingan kali ini.  Semoga informasi tentang Cara mengatasi klaim hak cipta(copyright) video youtube ini bermanfaat buat kalian.

Terima kasih sudah mampir di edisaputro-blog. Jika ada Kritik, Saran dan Pertanyaan tentang postingan kali ini jangan lupa untuk tinggalkan pesan di kolom komentar. Sampai jumpa di postingan berikutnya.  See you next time...



8 Responses to "Alhamdulillah, Video YouTube bebas dari klaim hak cipta(copyright) pihak ketiga"

  1. Saya juga pernah video yg saya upload kena klaim hak cipta. Saya kaget dapat email seperti itu dari pihak youtube. Akhirnya videonya saya hapus. Karena saya mengupload video hasil downlaodan video lain atau reupload

    ReplyDelete
  2. Ge malahan bikin tutorial animasi sampe di takedown video nya, sama kena teguran komunitas, adsense mati 3 bulan, tutorial loh bikin sendiri. Gila lama lama youtube

    ReplyDelete
  3. mau tutorial buat sendiri pun kalau ada unsur brand nya atau hal yang sudah terkenal dan menyangkut hak cipta karya orang kaya gambar atau musik pasti kena claim youtube. contoh membuat tutorial gambar anime naruto, nah gambar naruto kan udah menyangkut hak cipta sang pembuat anime itu. pasti kena klaim.😤😤 karna chanel yang buat tutorial naruto itu memoneteze buat dapat pundi uang dari ketenaran naruto itu sendiri. bahasa kasarnya menjual karya orang tanpa seijin pemilik hakcipta dan mendapatkan uang dari hasil pemilik hak cipta tersebut.

    ReplyDelete
  4. Assalamualaikum mas...dengan senang hati saya membaca artikel mengenai klaim hak cipta disini saya ingin bertanya cara untuk email si pihak yang meklaim vidio saya itu email nya ke pihak youtube langsung apa kirim email kmna?

    ReplyDelete
  5. Makasih infonya kak, mampir di channel saya ya Anak Desa 12

    ReplyDelete
  6. Waaah, sekarang saya malah dapat teguran 1 hak cipta. Bingung mengatasinya. Padahal saya tidak sadar membagikan video itu ke youtube dan tidak tahu hal itu melanggar hak cipta. Dalam teguran itu terttulis, video telah di hapus. Bagaimana ya, menghilangkan teguran itu? Menyesal ih iya.. akibat kurang paham

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kl kena hak cipta y solusinya cuma dihapus aja. Takut jadi bom waktu kk😁

      Delete