Pengalaman Kerja di Indomaret dari melamar hingga menjadi karyawan baru

Pengalaman Kerja dari melamar hingga menjadi karyawan baru di Indomaret


Berawal dari sebuah keinginan melepaskan profesiku sebagai pengacara(Pengangguran banyak acara) dan ingin mendapatkan pekerjaan dengan fasilitas yang memadai. Akhirnya aku putuskan untuk melamar kerja di Indomaret atau PT INDOMARCO PRISMATAMA cabang Surabaya.

Bukan hal yang mudah untuk bisa mendapatkan pekerjaan ini. Aku harus berebut kursi karyawan dengan puluhan pelamar kerja lainnya yang berdatangan hampir setiap hari.

Persiapan penting sebelum melamar kerja di indomaret

Berusaha mempersiapkan semuanya secara matang guna memperoleh hasil yang maksimal merupakan kunci utamaku untuk merebut kursi karyawan indomaret di bagian HELPER(Gudang)

Niat yang sungguh-sungguh

Awali semuanya dengan niat, ini sudah menjadi keputusanku bahwa aku memang benar-benar ingin menjadi karyawan indomaret. Aku sudah mempertimbangkan segalanya. Kemungkinan yang nantinya akan terjadi antara diterima tidaknya menjadi karyawan Indomaret.

Apa yang akan aku lakukan? semua itu sudah ku persiapkan dengan sangat matang. Namun, satu keyakinan yang aku pegang bahwa aku percaya pasti bisa melewati semua tes yang nantinya akan aku hadapi sebab semua orang telah diciptakan dengan kemampuan dan pengetahuan yang sama.

"Kalau mereka bisa, mengapa aku tidak? itulah motivasi terbesar dalam diriku pada saat itu. 

Memenuhi Persyaratan

Keberuntungan telah ada pada diriku. penilaian dari segi fisik, aku sudah memenuhi kriteria menjadi karyawan indomaret. Memiliki postur tubuh yang tinggi, tidak buta huruf, tidak bertato dan tidak bertindik.

Hanya butuh mempersiapkan dan melengkapi berkas lamaran yang diminta. Jika sudah, berarti persiapan ini sudah terpenuhi.

 

Mencari Contoh Soal Tes Tulis

Pengetahuan yang diajarkan di sekolah kukira belum cukup untuk mengahadapi tes tulis yang nantinya akan aku ikuti. Aku mencoba cari secara online contoh soal tes tulis di indomaret namun hasilnya ZONK. Tak ada satupun hasil dari pencarianku yang muncul.

Akhirnya aku bertanya kepada kakak kelasku, teman-temanku yang pernah mengikuti tes tulis di indomaret. Hasilnya juga kurang memuasakan. "Soal hitung-hitungan dan TPA" Jawaban yang Singat dan padat.

Aku yang baru saja lulus sekolah dan masih kurang pengalaman akan hal ini jelas masih binggung dan terus membayangkan, Bagaimana sih soal tes indomaret itu?


Bernampilan Rapi

Bagiku penampilan adalah modal utama bagi seorang pencari kerja. Bagaimanapun orang lain yang belum kita kenal, akan memberikan nilai plus kepada seseorang yang berpenampilan rapi.

Beberapa hari sebelum melamar kerja aku pergi ke pangkas rambut atau Salon untuk potong rambut, merapikan tatanan rambutku yang saat itu masih berantakan.

Pagi hari sebelum berangkat melamar kerja ke kantor indomaret aku menyetrika pakaianku lalu menyemprotnya dengan minyak wangi.

Persiapan Mental

Diterima atau tidak adalah hasil akhir dari semua usaha yang telah dilakukan. Jika memang nantinya aku tidak diterima menjadi karyawan indomaret aku akan tetap selalu ingat bahwa

"Allah selalu memberikan yang terbaik untukku, lebih mengerti apa yang aku butuhkan, dan selalu memiliki rencana yang lebih indah daripada rencanaku" 

aku juga yakin bahwa indomaret bukanlah satu-satunya pekerjaan yang ada di dunia ini masih banyak pekerjaan yang lebih baik daripada menjadi karyawan indomaret.


Tahapan seleksi karyawan baru di Kantor Indomaret

Menjadi karyawan baru indomaret bukanlah hal yang mudah, butuh perjuangan yang luar biasa. Lelah ? iya Capek? iya wes pokoknya banyak-banyak sabar deh buat mengikuti semua tahapannya.

Tahapan yang aku tulis ini berdasarkan pengalaman yang pernah aku lalui ketika mengikuti tes di kantor Indomaret cabang Surabaya Jl. Jenggala no 22 Gedangan, Sidoarjo Jawa Timur.

Datang tepat Waktu

Pernah sekali aku datang ke kantor indomaret  pukul 09.00 WIB. ku kira tes tulisnya bisa dilakukan pukul berapa saja asalkan tidak pada waktu malam hari.

Setelah turun dari motor aku berjalan menuju tempat parkiran dan salah satu satpam menyapaku

"mas, mau ngapain?" tanya pak satpam

"ikut tes, pak" jawabku

"maaf mas, tesnya sudah dimulai dari tadi pagi. kalau mas mau, besok balik aja lagi kesini sebelum pukul 08.00 WIB" penjelasan dari pak satpam

"oh ya, pak. Terima Kasih" sambungku dengan raut wajah yang kecewa


NB : Tes Seleksi Karyawan Baru Indomaret diadakan selama jam kerja kantor. Hari Senin-Jumat pukul 08.00 WIB s/d selesai.


Tahap Pemeriksaan

Setelah lama menunggu di joglo depan pos satpam kantor Indomaret Sidoarjo, sekitar pukul 08.15 WIB aku dan pelamar kerja lainnya diminta oleh pak satpam untuk berbaris dua banjar kebelakang barisan putri didepan putra dibelakang lalu diarahkan ke tempat pemeriksaan berkas lamaran.

Tempat pemeriksaan berkas ada di lantai atas. Pelamar kerja wanita diminta terlebih dahulu untuk naik dan melakukan pemeriksaan berkas sedangan aku bersama pelamar pria lainnya menunggu giliran di lantai bawah.

Masing-masing pelamar kerja diminta untuk menunjukkan berkas lamaran yang diminta secara lengkap termasuk aku.


Pada tahap ini, ada dua orang karyawan indomaret yang memeriksa berkas lamaran pelamar kerja. Selain itu, mereka juga memeriksa kriteria yang harus dipenuhi untuk menjadi karyawan indomaret meliputi tinggi badan, kerapian rambut, tindik dan tato.

  • Jika berkas lamaran sudah lengkap dan kriteria pelamar memenuhi, maka ia akan dipersilahkan untuk menunggu di ruang tes tulis.
  • Namun sebaliknya jika berkas lamaran belum lengkap dan kriteria pelamar belum memenuhi maka ia akan langsung dipulangkan(bisa mencoba dilain waktu namun berkas lamaran dan kriteria yang diminta harus terpenuhi terlebih dahulu).

 

Pelaksanaan Tes Tulis

Aku dan pelamar lainnya diberi lembar jawaban yang nantinya kami gunakan untuk menuliskan jawaban dari semua soal tes tulis kemudian kami diberikan lembar soal tes tulis indomaret yang terdiri sebanyak 6 bagian.

Pemberian soal ini bertahap maksudku, tidak sekaligus 6 bagian soal ini diberkan langsung kepada pelamar kerja tapi ketika bagain soal 1 diberikan kami diminta langsung mengerjakannya setelah waktu habis, soal bagian 1 dikumpulkan lalu ganti dengan soal bagian 2 begitu seterusnya.

Setiap kali akan mengerjakan masing-masing bagian soal kami diberikan petunjuk tentang bagaimana cara mengerjakan soal itu.

Setelah selesai mengerjakan soal. Kami diminta untuk mengisi biodata tentang diri sendiri dalam selembaran kertas yang telah disediakan. Biodata inilah yang nantinya harus kami pertanggungjawabkan jika kami lolos ke tahap selanjutnya yakni tes wawancara .

Sambil menunggu hasil soal tes tulis yang baru saja selesai kami kerjakan, kami diperlihatkan video profil lengkap tentang Indomaret lewat LCD Proyektor.

Dari video itulah aku lebih mengenal tentang indomaret atau PT INDOMARCO PRISMATAMA. Berapa banyak toko indomaret di indonesia? Asal mula berdirinya Indomaret dan lain sebagainya.

Setelah hasil koreksi dari soal tes tulis selesai, maka langsung diumumkan siapa saja yang lolos ke tahap tes wawancara.

Bagi yang pelamar tidak lolos langsung disuruh pulang tapi kalau mau mencoba lagi masih diperbolehkan untuk melamar di lain kesempatan.

Sedangakan bagi yang pelamar yang lolos diberikan waktu untuk istirahat selama 1 jam dan disuruh kembali lagi keruangan tes tepat pukul 13.00 WIB.

Alhamudilah setelah mengikuti tes sebanyak 3 kali aku bisa lolos di tahap ini.
 

Pelaksanaan Tes Wawancara

Wawancara Pertama. Masing-masing pelamar kerja akan diwawancarai satu persatu. Sebelum masuk ruangan, aku deg-degan memikirkan tentang apakah pertanyaan yang nantinya akan diberikan dalam tes wawancara terebut?.

Namun, Aku berusaha untuk tetap tenang dan menjaga rasa percaya diriku, yakin bahwa aku pasti lolos di tahap ini. kira-kira 10 menit-an aku berada dalam ruangan wawancara itu.

Mulai disuruh berjalan pelan, jalan cepat, disuruh membaca huruf(tes penglihatan), disuruh tengok kanan, tengok kiri dan ditanyai tentang pengalaman kerja juga hal tentang kesiapan kerja menjadi karyawaan indomaret.

Saat itu pula, Aku yang melamar dibagian pramuniaga diberitahu bahwa nilaku untuk melamar di posisi Pramuniaga minim tapi untuk posisi helper(gudang) memenuhi. "Waduh, gimana ini? Bagian gudang jelas angkat barang berat ini" pikirku dalam hati.

Akhirnya, dengan berat hati aku putuskan untuk melamar di posisi helper saja. Meyakini bahwa ini rencana yang telah Tuhan siapkan untukku.

Jujur, sebenarnya bukan ini yang aku mau, maklum aku anak yang dimanja sebelumnya aku belum pernah kerja berat(angkat-angkat barang berat).

Apalagi dua bulan yang lalu aku habis operasi usus buntu.

"iya pak, saya siap!" jawaban tegas dariku.
"Jika kamu memang siap, Silahkan Besok datang lagi pukul 09.00WIB untuk mengikuti Tes
fisik Helper" lanjut Bapak Gendut yang mewawancaraiku.

Wawancara Kedua. Setelah mengikuti Tes Fisik Helper ternyata masih ada satu lagi tes yang harus aku lalui yaitu Wawancara dengan Manager.

Dari 10 pelamar kerja yang lolos bersamaku di tahap wawancara pertama hanya ada 4 orang saja yang bisa mengikuti Wawancara dengan manager. Sedangkan 6 pelamar lainnya harus pulang karena gagal di tes fisik helper indomaret.

Hampir sama dengan wawancara yang pertama, disini aku ditanya lagi tentang Kesiapan menjadi karyawan indomaret. Bedanya, pertanyaan yang diberikan lebih spesifik.

Alhamdulilah ditahap ini aku juga lolos

Pengumuman

Kapan pengumuman ini diberitahukan kepada pelamar kerja? jawabannya adalah setelah semua pelamar selesai tes wawancara dengan manager.

Perasanku deg-degan sekali, hanya bisa berdoa "Ya Allah berikanlah apa yang terbaik untukku". Beberapa menit kemudian, Bapak Gendut yang mewawancaraiku meminta kami untuk naik ke atas menuju ruang tunggu tes wawancara pertama.

Disana kami diberitahu bahwa semua yang mengikuti tes wawancara dengan Manager lolos. Satu tahap lagi yang harus kami lalui yakni training karyawan baru. Sebelum pulang kami diberi selembar kertas tentang perlengkapn yang harus dibawa saat mengikuti training tersebut.

Training Karyawan Baru

Training ini dilaksanakan di PT ALBANY CORONA Jl.Raya Pilang 8,2 KM Pilang Wonoayu Sidoarjo.

Senin, 25 April 2016 aku berangkat pagi dari kontrakan kakakku yang ada di daerah Candi, Sidoarjo. Tiba disana aku bertemu dengan calon karyawan baru lainnya. ini merupakan tahap pengenalan tentang cara menjadi karyawan indomaret.

Training ini berlangsung selama beberapa hari. Bagi pelamar posisi pramuniaga akan megikutinya selama 7 hari sedangkan bagi pelamar posisi helper(gudang) seperti aku hanya berlangsung selama setengah hari (12 Jam).

Tak perlu berpikir yang aneh-aneh, disana kami menerima penjelasan yang lebih jelas lagi tentang kerja di indomaret. Belajar tentang yel-yel indomaret, belajar bicara "selamat datang di indomaret selamat belanja" dan ucapan khas indomaret lainnya.

Setelah menerima pelajaran tentang indomaret, kami pelamar posisi Helper(gudang) melanjutkan tahapan berikutnya yakni membuat rekening BCA(bagi yang belum punya) yang mana nantinya melalui rekening BCA inilah pembayaran gaji selama kerja di indomaret akan kami terima.

Tenang saja, mengurus pembuatan rekenening BCA ini tidak rumit sebab semuanya sudah diatur. kita tinggal mengikuti prosedur yang di minta seperti membayar uang sebesar 100.000,- yang digunakan sebagai saldo awal dalam pembuatan rekening BCA.

Penandatanganan Kontrak Kerja

Selasa, 26 April 201.Hari ini aku bersama 9 orang temanku, akan menandatangai kontrak kerja. Namun sebelum itu, terlebih dahulu kami menerima penjelasan tentang
Lama kontrak kerja pertama adalah tiga bulan . Terhitung sejak penandatangan kontrak kerja ini. jadi, kontrak pertamaku akan berakhir 31 juli 2016.

Penilaian selama tiga bulan itu akan berlangsung. Jika kualitas kerja kami bagus maka bisa diperpanjang ke kontrak kedua bahkan diangkat menjadai karyawan tetap.

Namun, jika tidak sesuai dengan yang diharapkan oleh perusahaan maka akan berakhir. Itu berarti bagi karyawan yang tidak diperpanjang musnah sudah harapannya untuk menjadi karyawan tetap indomaret. Karena,
kesempatan Kerja di indomaret hanya sekali dalam semumur hidup.

Hak dan Kewajiban Karyawan Indomaret salah satunya mematuhi peraturan yang ada

Gaji Karyawan di Indomaret sebesar Rp.3.0**.***,-. Namun, gaji ini dipotong 1-5% untuk biaya jaminan kerja seperti Jaminan Hari Tua, Jaminan Pensiun, Jaminanan Kecelakan Kerja.

Sehingga, gaji bersihnya hanya sekitar Rp 2.9**.***,-. Tapi tenang saja, kenyataannya gajiku di Indomaret lebih dari itu.
 ----------------------------------------------selesai-------------------------------------------

itulah perjalananku dari melamar kerja hingga bisa diterima menjadi Karyawan Indomaret. Semoga ini bisa menjadi wawasan baru dan informasi yang bermanfaat bagi kamu. Terutama buatmu yang akan melamar kerja di Indomaret(PT.INDOMARCO PRISMATAMA)


72 Responses to "Pengalaman Kerja di Indomaret dari melamar hingga menjadi karyawan baru"

  1. Replies
    1. CERITA SUKSES SAYA NGURUS IJAZAH

      Assalamualaikum saya bambang asal dari jawa timur sedikit saya ingin berbagi cerita masalah ijazah saya yang kemarin mulai dari SD sampai SMA saya hangus terbakar, tapi alhamdulillah untung saja ada salah satu keluarga saya yang bekerja di salah satu dinas kabupaten di wilayah jawa timur dia memberikan petunjuk cara mengurus ijazah saya yang hilang, dia memberikan no hp BPK DR SUTANTO S.H, M.A beliau selaku kepala biro umum di kantor kemendikbud pusat jakarta nomor hp beliau 0853-2174-0123, alhamdulillah beliau betul betul bisa ngurusin masalah ijazah saya, alhamdulillah setelah saya tlp beliau di nomor hp/WA 0853-2174-0123, saya di beri petunjuk untuk mempersiap'kan berkas yang di butuh'kan sama beliau dan hari itu juga saya langsun email berkas'nya dan saya juga langsun selesai'kan ADM'nya 50% dan sisa'nya langsun saya selesai'kan juga setelah ijazah saya sudah ke terima, alhamdulillah proses'nya sangat cepat hanya dalam 1 minggu berkas ijazah saya sudah ke terima.....alhamdulillah terima kasih kpd bpk DR SUTANTO S.H,M.A berkat bantuan bpk lamaran kerja saya sudah di terima, bagi saudara/i yang lagi bermasalah malah ijazah silah'kan hub beliau semoga beliau bisa bantu, dan ternyata juga beliau bisa bantu dengan menu di bawah ini wassalam.....

      1. Beliau bisa membantu anda yang kesulitan :
      – Ingin kuliah tapi gak ada waktu karena terbentur jam kerja
      – Ijazah hilang, rusak, dicuri, kebakaran dan kecelakaan faktor lain, dll.
      – Drop out takut dimarahin ortu
      – IPK jelek, ingin dibagusin
      – Biaya kuliah tinggi tapi ingin cepat kerja
      – Ijazah ditahan perusahaan tetapi ingin pindah ke perusahaan lain
      – Dll.
      2. PRODUK KAMI
      Semua ijazah DIPLOMA (D1,D2,D3) S/D
      SARJANA (S1, S2)..
      Hampir semua perguruan tinggi kami punya
      data basenya.
      UNIVERSITAS TARUMA NEGARA UNIVERSITAS MERCUBUANA
      UNIVERSITAS GAJAH MADA UNIVERSITAS ATMA JAYA
      UNIVERSITAS PANCASILA UNIVERSITAS MOETOPO
      UNIVERSITAS TERBUKA UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA
      UNIVERSITAS TRISAKTI UNIVERSITAS KRISTEN INDONESIA
      UNIVERSITAS BUDI LIHUR ASMI
      UNIVERSITAS ILMUKOMPUTER UNIVERSITAS DIPONOGORO
      AKADEMI BAHASA ASING BINA SARANA INFORMATIKA
      UPN VETERAN AKADEMI PARIWISATA INDONESIA
      INSTITUT TEKHNOLOGI SERPONG STIE YPKP
      STIE SUKABUMI YAI
      ISTN STIE PERBANAS
      LIA / TOEFEL STIMIK SWADHARMA
      STIMIK UKRIDA
      UNIVERSITAS NASIONAL UNIVERSITAS JAKARTA
      UNIVERSITAS BUNG KARNO UNIVERSITAS PADJAJARAN
      UNIVERSITAS BOROBUDUR UNIVERSITAS INDONESIA
      UNIVERSITAS MUHAMMADYAH UNIVERSITAS BATAM
      UNIVERSITAS SAHID DLL

      3. DATA YANG DI BUTUHKAN
      Persyaratan untuk ijazah :
      1. Nama
      2. Tempat & tgl lahir
      3. foto ukuran 4 x 6 (bebas, rapi, dan usahakan berjas),semua data discan dan di email ke email kami.
      4. IPK yang di inginkan
      5. universitas yang di inginkan
      6. Jurusan yang di inginkan
      7. Tahun kelulusan yang di inginkan
      8. Nama dan alamat lengkap, serta no. telphone untuk pengiriman dokumen
      9. Semua data di kirim sesuai alamat kantor
      10. Pembayaran lewat Transfer ke Rekening MANDIRI, BNI, BRI,
      11. PENGIRIMAN Dokumen Via JNE
      4. Biaya – Biaya
      • SD = Rp. 1.500.000
      • SMP = Rp. 2.500.000
      • SMA = Rp. 3.000.000
      • D3 = 6.000.000
      • S1 = 7.500.000(TERGANTUN UNIVERSITAS)
      • S2 = 12.000.000(TERGANTUN UNIVERSITAS)
      • S3 / Doktoral Rp. 24.000.000
      (kampus terkenal – wajib ikut kuliah beberapa bulan)
      • D3 Kebidanan / keperawatan Rp. 8.500.000
      (minimal sudah pernah kuliah di jurusan tersebut hingga semester 4)
      • Pindah jurusan/profesi dari Bidan/Perawat ke Dokter. Rp. 32.000.000

      Delete
  2. Bro bisa kasih tau detail nya contoh soal-soal tes tulis nya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sudah aku share di postingan sebelumnya gan. ini linknya: http://edisaputro-blog.blogspot.co.id/2016/10/contoh-soal-tes-tulis-indomaret.html

      Delete
  3. bang ane mw tanya ane kan perantauan,kata hrd nya suruh ngumpulin berkas ijzah asli,legalisir ijzah/skl,npwp,kk legalisir,kalo kk yang legalisir sama ijzah ligalisir di kumpulinya menyusul bisa nggak bang

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh engaknya kurang paham gan, tp kalau saranku lebih baik dilengkapi aja. soalnya kita kan yang butuh pekerjaan itu. aku juga anak perantauan gan, dulu sebelum diterima juga mondar mandir kumpulin berkasnya.

      Delete
  4. Maaf bang saya udh ngelamar di Indomaret dan keterima , tapi saya lupa nanya kontrak berapa bulan di Indomaret ketika intrviw, biasanya klo di Indomaret kontraknya brapa bulan yh mas?

    ReplyDelete
  5. kontrak pertamaku dulu 3 Bln gan. karna pada saat nglamar kerjaku dulu mendekati hari raya idul fitri, butuh banyak karywan. tapi kontrak seniorku kebanyakan 6 Bln. untuk masalah berapa lama kontrak pertama kerja karyawan baru,pasti akan dijelaskan pada tahap tandatangan kontrak kerja.

    ReplyDelete
  6. gan klo udah masuk traning udh di jamin tanda tangan kontrak apa engga yah? soalnya kta hrd indomart cabang pd labu itu harus potong rambut 3 2 1 kya mau jdi tni aja -. - selama mengikuti training center jdi PR, tapi di surat pengantar traning suruh potong rambut rapi ngga ada brp cm nya. gua males gundul :v

    ReplyDelete
  7. Mas mau nanya nih .. Sewaktu pertama kaLi melamar di indomaret mas nya langsung menggunakan seragam hitam putih??

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya. tapi ngk harus hitam putih kok.baju biasa juga boleh, yang penting sopan. tapi alangkah baiknya hitam putih aja. hhehe

      Delete
  8. Mas mau tanya soal psikotes indomaret itu sama semua ga ,,atau lain tempat lain juga soalnnnya ,thanks

    ReplyDelete
  9. Mas mau tanya soal psikotes indomaret itu sama semua ga ,,atau lain tempat lain juga soalnnnya ,thanks

    ReplyDelete
  10. Permisi mas mau tanya, jam kerjanya bagian helper full time kah?

    ReplyDelete
  11. Kalau misal tinggi badan hanya 150 apa bisa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah kalau sekarang kurang tau. kalau dulu Tinggi Badan pria = min 165 cm, wanita = min 155 cm

      Delete
  12. mas mau tanya kalo SKCK itu wajib dilampirin a? berarti ngurus ke kantor polisi dulu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dulu tidak wajib mas, Kalau sekarang kurang paham. Coba tanya ke pramuniaga Indomaret. kalau wajib, ya jelas harus ke kantor polisi dulu buat bikin hehe

      Delete
  13. Sistem jadwal kerjanya gimana mas, mksdnya liburnya dalam seminggu

    ReplyDelete
  14. Kalo test fisik helper ngapain aja mas?

    ReplyDelete
  15. Kalau yg berkacamata bisa mas?

    ReplyDelete
  16. Kalo nunggu kabar dari interview ke training itu berapa minggu ya??

    ReplyDelete
  17. Kak Kalau ijazah smk belum keluar apa masih bisa daftar???

    ReplyDelete
  18. Pak mau nnyak klau pernah kerja di idm trus resign trus mau daftar lagi di cabang yang lain misal .cabang malang or sidoarjo gitu apa bisa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setau saya ngk bisa karena Nik itu untuk satu kali seumur hidup

      Delete
  19. Mau tanya kak, kalo jadi Helper Indomaret apakah gajinya juga UMR?

    ReplyDelete
  20. Mas mau tanya,saya sudah pernah kerja di Indomaret, sampai habis kontrak 2 tahun setengah, saya mau daftar lagi bisa engga yah?

    ReplyDelete
  21. Mas mau nanyak ni kalo kita sudah lolos semua tesnya dan kita sudah di kasih semua kertas untuk trening nah apakah kita sudah wajib di panggil mas dan biasana berapa lama mas,,.???

    ReplyDelete
  22. Mas mau tanya, kalau utk Training itu apakah kita ditempatkannya sesuai domisili atau Kantor pusat, atau di tempat lain juga yah? Mohon utk dijawab :v Trms

    ReplyDelete
  23. Saya kan udah ngelmar trus udah di interview saya melamar sebagai kasir. Trus kata yg interview saya nanti di tlpn 2minggu lagi krna msih ada yg training gitu katanya. Kalo dia bilang gitu bnran di tlpn nanti atau nggak ya mas? Nuhun bantu dijwb.

    ReplyDelete
  24. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  25. Kalo adm kerja nya di toko apa dimana kak. Trs kerjanya gimna ? Mohon info kak

    ReplyDelete
  26. Kak berkas aku lengkap semua tapi SKD sudah habis masa aktif, apakah tidak mslh? Mohon jwabanx mksih

    ReplyDelete
  27. Kalo buta warna bisa gak yah mas? Parsial

    ReplyDelete
  28. Kak kan saya udh sampe tahan interview trus pas udh selesai itu kata hrdnya nanti di hubungi lewat wa kapan waktu treening di tentukan,itu udh pasti di panggil lagi apa gk ya kk? Atau udh gugur ya
    Mohon bantuannya🙏

    ReplyDelete
  29. Ikut nanya agan agan . Klo bagian adm itu ditempatkan di kantor apa jdi kasir dulu yah ? Mohon pencerahannya . Terimakasih

    ReplyDelete
  30. Mas saya udah lolos tes,, tinggal nunggu trainningnya kok lama ya,, ini udah sebulan belum ada kabar trainning

    ReplyDelete
  31. Mas kalau admin lulusan SMA bisa?

    ReplyDelete
  32. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  33. Gimana kalo cewe tingginya 150cm diterima ga mas?

    ReplyDelete
  34. Mau tanya dong apa kalo disuruh dikasih kabar satu minggu itu ga diterima yak? Terima kasih sblmnya

    ReplyDelete
  35. Bang kalo misalkan daftarnya gk pake berkas kartu kuning bisa gk? Kartu kuning wajib ada gk bang?

    ReplyDelete
  36. Mau tanya bg klo udah psikotest tp dsruh nunggu 1mnggu utk interview brarti itu ngk dtrima ya ??

    ReplyDelete
  37. Bang saya udah lolos interview disuruh pemberkasan kira jika salah satu dokumen ada yg kurang gimana ya bang

    ReplyDelete
  38. Mau tnya dong klo mantan karyawan indomaret bs ngelamar lagi ga wkwkwk

    ReplyDelete
  39. Mau tanya gan, jenjang karir kerja d gudang indomaret apa aja?? Trims

    ReplyDelete
  40. Mas mau nanya saya kan udh lolos seleksi hari Jum'at terus di suruh traning hari Selasa nya,trus saya gk Dateng mau Dateng Selasa lgi boleh gh y

    ReplyDelete
  41. punten mau nanya .kalo persyaratan traning pas foto pake baju item putih apa bebas apa aja ya?

    ReplyDelete
  42. Mas aku kurang ngerti pelajaran mtk apakah aku bisa masuk indomaret?

    ReplyDelete
  43. mas, dipanggil untuk training setelah tes itu kira kira paling lama berapa minggu ya? aku udah dapet surat izin orang tuanya juga sih

    ReplyDelete
  44. Mas mau tanya saya nglamar pertama kali lulus tes tulis stlh interview di suruh tunggu 1 minggu kira2 keterima nggak mas? Saya nglamar di sda juga mas

    ReplyDelete
  45. Mas mau tanya kalau cowo tinggi nya 160 cm bisa gak?

    ReplyDelete
  46. Contoh tes fisiknya gimana bang ?

    ReplyDelete
  47. Bang mau tanya, kalau untuk ikut tesnya itu kita datang langsung ke tempatnya atau nunggu konfirmasi/undangan dari PT Indomarco nya ya?
    Btw saya ikutnya yg daftar online

    ReplyDelete
  48. Bang, kalo pernah di idm cabang jkt1, ngelamar di jkt2 bisa ga ya?

    ReplyDelete
  49. Bang buta warna parsial boleh daftar di Indomaret?

    ReplyDelete
  50. Sedikit pengalaman soal
    Klarifikasi IC
    Cek pribadi :
    1. Cek Akun My point mu
    Akun mu atau bukan
    2. Cek Isaku Akun
    3. Jangan hapus sewua (hapus data) / hapus semua riwayat chat.
    4. Iya,kan apapun yang mereka katakan
    5. Jangan Egois (memikirkan diri sendiri)
    6. Jika diberikan opsi (pilihan) pilih pilihan yang paling ringan
    7. Jika kamu dapat undang dari IC berarti ku pasti keluar
    8. Jika kau di suruh mengisi form data yang menurut mereka kecurangan; form tersebut berisi sejumlah angka yang kau tulis = besar sejumlah angka yang akan kamu bayar
    9. Tatap mata klarifikator jangan pernah lengah
    10. Jika Ia membahas orang tua atau hal itu merupakan kelemahan mu, tetap tegar, fokus
    11. Waktu seras berjalan sangat cepat disana.
    12. Selesaikan secepat mungkin, jangan membuat klarifikator memanggil temannya.
    13. Jangan mengulur waktu, Jangan membuat klarifikator emosi.
    14. Jangan tandatangani berkas sebelum keputusan manajemen.
    15. Hadapi dengan Tenang
    16. Rejeki mu ora Nang kene Bos.



    Ceklist team
    1. Isi buku cek body berangkat ataupun pulang
    2. So rokok display dan slop
    3. Dukungan mental
    4. Jangan menghubungi sebelum korban menghubungi
    5. Jika korban meminta sejumlah uang, jangan beri banyak pertanyaan hal tersebut membuat nambah bingun dan panik korban
    6. Katakan dengan jelas bisa atau tidak memberikan pinjaman.
    7. Tenangkan korban


    Deskripsi tempat eksekusi
    1. Ruang sangat sempit
    2. Melewati lorong dan koridor panjang
    3. Background ruangan seperti gudang, lembab, AC yg dingin. Banyak kadus
    4. Banyak barang berserakan
    5. 1 meja 1 kursi di depan (tempat duduk klarifikator, 1 kursi untuk korban.

    Sifat klarifikator
    1. Ia hanya mempercayai gambar bisu
    2. Ia memiliki semua bukti
    3. Ia mencecar mu terus jika tidak mengiyakan pertanyaan mereka
    4. Ia akan mencari kelemahan mu
    5. Ia akan memberi kan opsi
    6. Ia akan memberi ancaman
    7. Ia akan membuatmu membayar lebih dan lebih banyak
    8. Ia akan membuat kondisi dimana di sana adalah tempat mediasi
    9. Ia akan memberikan tawaran hukum pidana dengan akhir di penjara.
    10. Ia tidak suka berlama lama
    11. So, semakin cepat keluar semakin baik.


    ReplyDelete
  51. Gan klo semisal selesai kontrak helper 3 bln, itu di panggil lagi atau gimna? Atau pas selesai kontrak ke kantor lagi untuk tanda tangan perpanjangan kontrak

    ReplyDelete